Selasa, 13 September 2011

Hikmah Berteduh di Kala Hujan

Learn On The Street

Pemuda Kehujanan dan Mantan Pegawai IPTN (PHK-Wan Angkatan 2003)
- Mulai dari nawarin bakso tahu, mulai cerita pengalaman hidup sebagai pengusaha, hingga nasihat mencari jodoh -

Sore hari setelah halal bi halal ex.IPA 3 SMAN 1 Baleendah yang gak jadi (coz banyak yg gak dateng dan beberapa gak bisa ampe sore jg), gw hendak kembali ke ‘rumah’ di Jl.Gagak no.80 tapi hujan dah di tengah jalan (mana gak ada jas hujan lagi..@%@$%@^#).
Maklum jas hujan nya dipinjem orang, katanya sih sama Di*n tapi orangny udah keburu mudik ke Makassar..Hwuaaa..!!!!

Akhirnya bertengger dulu di depan Universitas Langlangbuana di Jl Karapitan. Berteduh di depan Warnet yang sampingnya ada kios kartu perdana dan juga voucher pulsa telpon.. diem aje nungguin hujan reda tapi gak reda2 juga.. Akhirnya dari pada bosen, mampir ke tempat kartu perdana. Kebetulan ada Kartu IM3, akhirnya beli deh untuk mengakhiri penggunaan 3.. (Bukan promosi ini)..
so, bagi temen2 yang kangen sama wagus silakan menghubungi di no.085797564750
(belum hafal jg sih,, ngetik nya juga sambil liat no.yg ada di bungkus.. maklum lah, 2 nomor yang dulu aja cuma hafal 1 doang yg Simpati... tau2 aja udah abis masa aktipny..hehhee)..

Nah,, di sana ada bapak2 nawarin baso tahu..
“Baso tahu, A??” (biasa orang sunda, manggil Aa ke cowo)..
“Mangga,,pak” (bukan nawarin buah mangga..! tapi maksudnya..Uhm..apa ya bahasa Indonesia nya?? pokoknya jawabnya gituh lah)..
Waktu mau beli,,
Eeh inget dah gw,,, hari ini kan lagi Nyawalan (Syaum di Bulan Syawal., kalo di Sunda biasa nyebutnya ‘nyawalan’).. hampir aje bisa makan dan gak batal coz lg lupa...Wkwkwkwkwk
tapi bukan itu inti ceritanya..

Nah,, terkadang kita segan kalo mau ngobrol sama orang yang belum/baru dikenal tapi karena hujan belum reda dan dari pada geje kagak ngapa2in.. mulai dah percakapan kita..

Mulai dari nanya asal dari mana hingga nyerepet2 mau kemana.. akhirny jawab mau ke kampus. Dari sana ketahuan dah jati diri gw sbg anak ITB (Baca: Mahasiswa ITB)...

trus si bapaknya langsung bilang, “wah,, tetangga saya banyak mahasiswa ITB.. temen2 saya juga ada yang alumni ITB.. emang pinter2 lah anak ITB.. masa depan nya bakal cerah”
- comment: Amin! masa depan itu Wallahualam, hanya Allah SWT yang tahu..pak!! tp InsyaAllah masa depan gw cerah..!! (Pede + Narsis mode on) -

Trus, bapaknya mulai cerita kalo dulu pernah sempet bekerja di PT IPTN (yang sekarang terpecah jadi PT DI dan PT NTP).. dulu waktu di sana beliau di bagian Komposit (lebih ke ngerancang bukan bikin kompositnya).. singkatny tahun 2003 Pak Mulyana (Sebenarny ngobrol dulu ampe kelar trus baru kenalan...hahahaa) DEMO (tau sendiri lah ya.. kan banyak tuh di TV n koran) dan akhirnya memilih keluar.. padahal beberapa tahun berikutnya dipanggil lagi buat kerja di PT DI tapi karena udah sakit hati, gak mau lagi masuk ke PT DI.. Walhasil, Bapaknya mutusin untuk jadi pengusaha.. (Asyik,, mulai seru ni)

Karena beliau ini dulunya di bagian Komposit (campuran dua bahan lah bahasa kasarnya), beliau tau cara bikin komposit dan mulai lah bergelut dengan fiber dan resin.. beliau dan 2 org kawannya menggabungkan kekuatan (Baca: Modal) dan mulai membuka usaha bikin genteng dari bahan komposit.. awal2 sih jalan.. tapi kalo udah urusan duit, mata orang jadi buta.. temen2nya yang dua tadi sering dapet orderan tapi gak pernah bilang sama temen yang lainnya (tepatnya sama Pak Mulyana), diambil sendiri lah tuh orderan ama masing2.. akhirnya 2 orang temen bapak itu memutuskan untuk usaha sendiri2..
Nah, disini si Bapaknya mulai bingung.. soalnya gak pernah dapet orderan.. Finally, semua alat2 dijual, karyawan di-PHK, inventaris dibuang.. singkatnya ngegulung tikar dah... (baca: Tutup ampe waktu yang tak bisa diperkirakan)

Dari sana, modal udah tinggal dikit.. coba lagi usaha lain...
sekarang bikin pernak – pernik dari resin (misalnya, gantungan kunci).. hasil bikinan nya di-drop ke Daarut Tauhid, Pusdai, dan toko2 fotocopi-an.. karena gantungannya bagus, seorang tukang fotocopy ada yang nawarin bikinin gantungan untuk nikahan..(wah kesempatan tuh).. tak pikir panjang langsung disikat.. ada yang pesen 500, 200, 700, dan yang paling banyak 2500 (soalnya yang nikah orang Padang Tajir).. dari sana dapat untung yg ‘Lumayan’ katanya..
Ssssssttttt....!!!!!
- kalo berdasarkan pengalaman gw sih, jual gantungan kunci dengan harga 1500 bisa dapet untung bersih ampe 1000 (Asumsi: bikin sendiri gantungan kunciny)..
so, kalo kejual 2500 berarti dapet untung 2.500.000 (Lumayan lah untuk sekali order).. -

tapi,,ya ada tapi nya..
untung guede tuh kalo ada orderan.. kalo gak ada?? Nah loh...!! bingung toh..

Trus ada masa susyeh nya juga.. Pak Mulyana ini pernah dapat orderan dari Dep*g (salah satu depertemen di Indonesia) untuk bikin 10.000 gantungan.. Nah,, Si Bapak langsung setuju.. beliau udah bikin desainnya trus udah bikin banyak juga (Udah lebih dari 50% lah)..
Weleh2,, di tengah2 tuh Department bilang gak jadi...#&^$&%#&^^$^%*^%
- Apa gak kesel tuh,,Pak?! Gak dibayar lagi..!!! -

Bapaknya cuma bilang.. “Nah, itu emang tantangan lah buat pengusaha... Rugi ya emang rugi tapi mau gimana lagi... so, tuh barang yang banyak itu harus tetep kita jual toh..”
Bapakny mulai lagi ngejual gantungan yang udah banyak itu ke toko2 dll... Waktu itu karena modal banyak yang udah kepake bikin 10.000 gantungan, duit tinggal sisa beberapa juta lagi.. dan bingung juga soalnya kalo ngejual eceran kaya gith, gak menentu penghasilan yang didapet...
- comment: Sabar ya,,pak.. InsyaAllah, Allah gak akan mendzalimi hamba-Nya yang sudah ikhtiar maksimal dan bertawakal kepada-Nya... Amin..!! -

Eh.. waktu bingung gituh,, Bapak Tukang Fotocopy yang bernama Pak Wawan ngajakin ngebuka fotocopian.. Pak Mulyana pun semangat (biasa,, masa muda, masa yang berapi-api... mau gimana lagi, anak istri mau dikasih makan apa?? iya toh..!!)

tung, itung-itung.. butuh modal 40 juta..(Gilee,,, duit dari mana gw)
sedang pak Mulyana cuma punya 4-5 juta..
Akhirnya karena udah kenal sama Bank..
dikasih pinjem lah 40 juta ama Bank.. (Ampe sekarang gw gak tau gimana carany.. -.-)

fotocopy-an mulai jalan..
karena berada di lingkungan Sekolah dan belum ada fotocopi-an yang laen.. jadi primadona lah tuh fotocopy-an..kalo berdasarkan kesaksian pak Mulyana, sehari bisa untung 600rb ampe 1jt..
(gileee... pengen dah gw)..
So, utang ke Bank bisa kebayar, kios yang tadinya ngontrak udah kebeli, trus buka lagi 2 tempat fotocopy-an.. omzetnya, jadi 3 kali lipetnya dong.. yang tadinya masih numpang sama mertua, akhirnya dalam 2 tahun bisa kebeli juga tuh rumah sekitar 300jt,,
(wah,,pengen deh gw kaya gituh.. bener pak.. gak enak tinggal se-rumah sama Mertua.. mau dikemana kan harga diri kita sbg suami..)

Apapun usahanya pasti akan selalu ada tantangan.. setelah 1 tahun jalan aje, salah satu orang yang punya kontrakan tempat fotocopy-an minta naek harga mulu tiap bulannya (Biasa,, awal2 usaha ngontrak tempat dulu).. gile, dalam 1 bulan minta naek ampe 200rb.. trus, sering minjem duit lg tuh yang punya kontrakkan.. Buntutny, tuh fotocopy-an ditutup aje.. walopun cuma 2 tempat yang beroperasi, rumah udah punya dan penghasilan yang 2 itu udah cukup buat nutup kebutuhan sehari – hari..
- comment: bukan cukup lagi tuh,,pak.. lebih dari cukup lah kalo kata gw.. -

Wawwawawaaww!! itu baru fotocopi-an
Sekitar tahun 2004 lalu buka kios voucher dan kartu perdana juga..
Nah,, karena kios belum menjamur kaya sekarang alias masih dikit/jarang.. dalam sehari bisa terjadi ampe 200 transaksi.. Untungnya?? gak kaya sekarang yang cuma 100 – 200 perak.. waktu itu kan masih mahal tuh.. untungnya bisa ampe 1500..
So, omzet sehari nya itung2 sendiri aje ye...

Nah,, Di sana gw banyak belajar dari PHK–Wan PT IPTN ini bagaimana menjalani kehidupan paska PHK.. so, mau nunggu di-PHK baru wirausaha atau mulai wirausaha dari sekarang??
Sebagai pembanding: gaji terakhir pak Mulyana sebelum di-PHK 3jt sebulan dan setelah di-PHK jd tukang fotocopi, penghasilannya minimal 6jt sebulan.. 2x nya men...!! masih mau jadi karyawan loe?!!
Hahahahaaaaa,,,,
ini hanya sekelumit sharing dari orang tua kepada seorang pemuda yang udah kehujanan dan berteduh di depan Kios Pulsa..

Nah,, ke sananya gw dinasihatin supaya fokus dalam kuliah.. cari ilmu sebanyak mungkin, cari pengalaman, cari jodoh (Eiiittsss,, untuk yang 1 ini ada resep khusus dari si Bapak)

Bapak itu agak gimana gituh liat anak SMP atau anak SMA yang udah pacaran.. apa mereka kira setelah pacaran bakal langsung nikah,, trus, kalo udah nikah, emangnya cuma bisa hidup dari ‘cinta’ doang??,,, Tetep aje harus pake duit...

Bapaknya berpesen ma gw untuk berusaha dulu menjadi orang sukses.. gak perlu lah ngelirik kanan kiri... Toh,, ntar juga kalo udah bawa mobil sendiri, cewe2 yang bakal ngelirik kita..heheheeee

Dan yg terpenting cari cewe yang agama nya bagus, ditambah cantik gak masalah.. apalagi kalo dari keturunan yang baik2 trus ningrat lagi.. hahahaa... - Comment: Ideal banget tuh,,pak!! Susyeh.. -

Tapi prinsipny satu, cowo yang sholeh itu buat cewe yang sholeh juga.. kaya di Alquran lah gituh..
so,, Pesan terakhirny, fokuslah untuk mengejar tujuan hidup mu dan jadi lah pemuda yang sholeh.. InsyaAllah,, Allah SWT tidak akan mendzolimi umatnya yang sudah berikhtiar dan bertawakal..

Demikianlah,, pertemuan singkat sampe hujan reda.. (gak reda2 amat sih tp kalo gak pulang.. masak mau nginep ampe maghrib.. buka puasa dimana??).. Mudah2an bisa menjadi inspirasi bagi gw (Pemuda yg kehujanan) dan bagi temen2 pembaca semuanya... Amin..!!

(Sumber: Bapak Mulyana, ex.Pegawai PT IPTN.. Bertempat di Jl.Karapitan tepatnya di kios voucher dan perdana “GEMBEL”.. Kala Hujan Tgl 15 September pkl 14.00 – 16.00 WIB)

Wagus Ginanjar
Pemuda Kehujanan dalam perjalanan dari Baleendah menuju Bandung
Beruntung banjir di Baleendah sudah agak surut tapi ada jg yg masih kerendem..
Mohon doa nya mudah2an cepat surut dan hujan2 berikutnya akan memberikan berkah.. Amin..!!

1 komentar:

  1. no.wagus sekarang udah ganti lagi..
    Hp nya hilang sih..
    No.saat ini 085795053815

    BalasHapus